Jumat, 17 September 2010

Apa Harus Merantau??!!

Sesuai dengan judul di atas, yang ingin saya bahas disini adalah seberapa penting sih merantau dan apakah kita harus merantau??
Sekarang ini banyak kita jumpai para perantau di hampir setiap kota besar di Indonesia, khususnya pulau Jawa.. Dari yang bekerja sebagai pedagang sampai buruh pabrik.. Dari hal itu siapakah yang mendapat keuntungan besar?? mereka berbondong-bondong meninggalkan kampung halaman menuju kota besar hanya untuk mencari satu hal,, uang.. Jika ditanya kenapa cari uang aja sampai harus pergi jauh?? mayoritas jawaban mereka adalah cari kerja di kampung susah.. Benarkah seperti itu?? Jika ditelusur lebih dalam,,
peluang kerja di kampung halaman sangatlah besar.. Tergantung bagaimana kita memanfaatkan peluang yang ada.. Parahnya lagi,, banyak juga yang merantau hanya demi gengsi.. "Waw,, loe di kampung terus mo jadi ayam?? gaul dikit dong.." Lha kalau seperti itu motivasi merantau,, apa jadinya daerah sendiri?? Lebih baik kerja di kampung,, pajak di kampung.. Kan bisa nambahin pendapatan asli daerah.. Siapa lagi yang mau mengembangkan daerah kita kalau bukan kita sendiri??!!

Belum lagi kalau pas musim mudik lebaran,, ampun deh.. Macet di sana-sini,, kecelakaan meningkat.. Yang paling parah kalau sampai ada perantau yang gak bisa mudik dengan alasan "gue gak punya duit buat ongkos mudik nih".. Haduh,, katanya merantau biar dapet duit banyak.. Kalau buat mudik aja gak punya duit kan sama aja bo'ong.. Bayangin aja kaya apa macetnya lalu lintas pas mudik lebaran..

Waduh,, Sampai segitunya cuma mau pulang mudik.. Apa mereka nggak ngebayangin seandainya ada halangan di tengah jalan?? Payahnya lagi,, momen seperti ini sering dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil kesematan dalam kesempitan.. Mulai dari calo karcis,, copet,, dan bahkan tindak kejahatan lainnya.. Niat mudik jadi terusik kan?? Coba bayangkan,, seandainya pas lagi enak-enaknya perjalanan mudik,, tiba-tiba ada pengendara yang kurang waspada.. Apa akibatnya?? Paling ringan ya cuma kaget,, lha kalau kagetnya merembet.. Payah jadinya..



Kebayang nggak sih kalau hal ini menimpa anda sewaktu dalam perjalanan mudik.. Yang maunya bahagia ketemu keluarga,, eee malah sengsara ketemu celaka.. Enakan ngembangin daerah sendiri,, toh kalau kampung kita makmur kan kita juga yang seneng ngeliatnya.. Ya nggak??.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar